Salah Satu Target Dana Desa adalah Memberikan Lapangan Kerja untuk Warga Miskin

 on Sunday, March 29, 2015  

Desa Tambaharjo - Salah Satu Target Dana Desa adalah Memberikan Lapangan Kerja untuk Warga Miskin - Seperti yang telah disampaikan oleh Marwan Jafar, Menteri Desa, Pembangunan Daerah Tertinggal dan Transmigrasi, salah satu prioritas alokasi dana desa dari APBN dimanfaatkan untuk pengentasan kemiskinan dan peningkatan akses sumber daya ekonomi.

Beliau mengharapkan bahwa bantuan dana desa di dalamnya harus ada cakupannya terhadap masyarakat miskin untuk dapat berusaha dan mengakses pekerjaan. Ini merupakan suatu hal yang sangat penting bagi warga masyarakat desa, terutama para pemuda agar tidak perlu lagi berbondong-bondong ke kota untuk mencari pekerjaan.

Prioritas dana desa tersebut juga tertuang dalam surat edaran Menteri Desa untuk kepala desa se-Indonesia tentang prioritas belanja dana desa yang bersumber dari APBN. Dengan dikucurkannya dana desa ini, seluruh potensi desa dapat digali, dikembangkan, dan dimanfaatkan untuk sebesar-besar kemakmuran rakyat. Seperti misalnya, diharapkan warga masyarakat dapat mengelola hutan desa.

Salah Satu Target Dana Desa adalah Memberikan Lapangan Kerja untuk Warga Miskin
 
Tugas pendampingan dalam hal ini sangat penting dalam rangka mendukung kegiatan ekonomi. Baik yang dikembangkan oleh BUMDes maupun oleh kelompok masyarakat. Kebutuhan masing-masing desa berbeda-beda, oleh karena itu untuk memenuhi kebutuhan yang ingin dikembangkan di desanya masing-masing, diharapkan dana desa benar-benar dimanfaatkan untuk pembangunan desa.

Satu hal yang sangat penting adalah bahwa segala kegiatan pemanfaatan dana desa harus diputuskan melalui musyawarah desa. Jangan sampai ada unsur kepentingan lain yang tidak ada manfaat dan dirasakan oleh masyarakat, tegas Marwan Jafar sebagai Meteri Desa.

Keberhasilan pemanfaatan dana desa ini bergantung pada warga desa masing-masing, yaitu:
  1. kebersamaan sangat diperlukan
  2. semua unsur masyarakat harus diberdayakan
  3. transparansi sangat mutlak
  4. pengawasan dilakukan bersama-sama
  5. selain itu satu hal yang sangat penting nantinya adalah nantinya adanya evaluasi atas segala kegiatan pemanfaatan dana desa tersebut.
Salah Satu Target Dana Desa adalah Memberikan Lapangan Kerja untuk Warga Miskin 4.5 5 Unknown Sunday, March 29, 2015 Desa Tambaharjo - Salah Satu Target Dana Desa adalah Memberikan Lapangan Kerja untuk Warga Miskin - Seperti yang telah disampaikan oleh Mar...


No comments:

Post a Comment

Powered by Blogger.